Pantai ngandong

Pantai Ngandong adalah pantai yang bersebelahan dengan Pantai Sundak. Pantai ini masih di area yang sama dengan Pantai Sundak, dengan hanya dibatasi sebuah bukit besar di sebelah timur Pantai Ngandong. Deretan perahu-perahu nelayan yang bersandar di bibir pantai menjadi pemandangan yang pertama dilihat saat memasuki area Pantai Ngandong. Pantai Ngandong menjadi salah satu pantai nelayan meskipun tidak seramai pantai nelayan lain layaknya Pantai Sadeng atau Pantai Ngrenehan. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dengan pasir putih yang bersih dan lembut. Ada bebatuan di pinggir pantai yang biasa digunakan untuk bermain air atau melakukan permainan air seperti kano. Pemandangan lain yang dapat dilihat di pantai ini adalah adanya pulau yang berada di tengah laut. Saat sedang surut untuk sampai kesana bisa dengan berjalan kaki, biasanya para pencari ikan mencari ikan di sekitar pulau ini.

Untuk sampai ke pantai ini cukup masuk ke area Pantai Sundak dan berkendara sejauh 100 meter ke arah barat untuk sampai ke Pantai Ngandong. Kendaraan bisa diparkir di pantai Sundak atau pun di Pantai Ngandong. Jalan menuju Pantai Ngandong sudah bisa dilalui kendaraan pribadi dan bus yang parkir di Pantai Sundak. Pantai ini memiliki fasilitas yang lengkap, seperti toilet, musala, tempat makan, tempat menginap, permainan air, tempat pelelangan ikan, camping ground, serta tempat parkir untuk mobil dan motor.

FAQs

Q Bagaimana rute untuk mencapai tempat ini?

Alun-alun Gunungkidul - Pasar Hargosari - Ada pertigaan kedua setelah pasar ambil kanan menuju Jalan Baron - Karangrejek - Mulo (ada pertigaan lurus saja) - Kemiri - Polsek Tanjungsari - Kemadang - Pos Tanda Pembayaran Retribusi (TPR) - Pertigaan belok kiri - Pertigaan Pantai Kukup belok kiri - Pantai Sundak - Berkendara/berjalan kaki sejauh 100 meter ke arah barat - Pantai Ngandong